September 22, 2023

Gatal, mata berair, mata terasa sakit atau berat, mata lelah, sensasi seperti ada benda asing di mata, keluar kotoran dari mata, mata merah, penglihatan yang buram fluktuatif (memburuk ketika membaca, bekerja dengan komputer, menyetir kendaraan, menonton televisi, dan sebagainya), sensitivitas terhadap cahaya, rasa panas atau terbakar di mata.

Menurut jurnal “Middle East Afr J Ophthalmology” tahun 2017, estimasi prevalensi mata kering berkisar antara 7,4 hingga 33,7 persen. Sindrom mata kering dapat disebabkan oleh berbagai faktor, menjadikannya kondisi multifaktorial. Faktor-faktor ini meliputi alergi, inflamasi pada kelopak mata (blefaritis), penggunaan lensa kontak, faktor lingkungan seperti cuaca panas, berangin, berdebu, polusi udara, penyakit neurologis seperti stroke, Bell’s palsy, Parkinson, diabetes melitus, dan banyak lainnya. Langkah – Langkah Pencegahan Mata Kering Untuk mencegah mata kering, ada sejumlah tindakan yang dapat diambil.

Pertama, bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan dengan tingkat polusi udara tinggi seperti Jakarta, menggunakan air filter bisa membantu mengurangi paparan partikel-partikel yang dapat memengaruhi kualitas air mata. Selanjutnya, penggunaan air humidifier di dalam rumah dapat menjaga kelembapan udara, menghindari udara kering yang dapat memperburuk kondisi mata kering.

Penting juga untuk selalu menggunakan kacamata pelindung ketika berhadapan dengan angin, cuaca panas, atau polusi, karena hal ini dapat melindungi mata dari faktor-faktor eksternal yang dapat merusak film air mata. Selain itu, beberapa langkah penting lainnya adalah menghindari paparan asap rokok. Penting juga untuk memberikan istirahat mata dengan mengistirahatkannya dari layar perangkat digital setiap 10 – 20 menit dan berkedip lebih sering untuk menjaga kelembapan mata.

Pemanfaatan air mata buatan (artificial tears) dapat membantu menjaga kelembapan mata secara konsisten. Suplementasi asam lemak Omega 3, baik melalui konsumsi makanan seperti ikan salmon dan sarden atau dengan suplemen. Terakhir, melakukan kompres hangat pada kelopak mata dengan menggunakan kapas bersih dan menjaga kebersihan kelopak mata secara rutin, baik secara mandiri atau dengan bantuan dari klinik mata, adalah langkah penting untuk mencegah dan mengelola kondisi mata kering dengan baik. Dengan mengikuti tindakan pencegahan ini, kita dapat meminimalkan risiko terkena sindrom mata kering yang dapat mengganggu kualitas penglihatan dan kenyamanan mata. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *