September 21, 2023

Saat berpuasa,tubuh tidak mendapatkan asupan apapun hingga periode waktu yang telah ditentukan. Beberapa organ di dalam tubuh beristirahat dan tidak menjalankan proses pengolahan makanan. Nah saat buka puasa, tubuhmu berarti kembali memproses makanan. Untuk menjaga kesehatan, alangkah baiknya kamu memilih makanan berbuka apalagi saat kondisi perut kosong, untuk menghindari memicu penyakit. Lalu, makanan apa saja yang harus dihindari saat buka puasa? Cari tahu bersama Bumame di sini! 

Makanan yang harus dihindari 

  1. Makanan yang Digoreng

Siapa yang tidak tergoda melihat gorengan saat berbuka puasa? Namun sebaiknya kamu tahan terlebih dahulu. Jangan langsung mengonsumsi makanan-makanan yang digoreng sesaat setelah waktu berbuka tiba. Gorengan merupakan makanan yang cukup sulit untuk dicerna karena mengandung lemak trans yang tinggi dan berminyak. Akibatnya, banyak asam yang dihasilkan dengan mengonsumsi gorengan yang berakibat iritasi pada lambung. Makanlah gorengan sebagai pendamping atau lauk saat kamu makan nasi dan dengan porsi secukupnya, jangan berlebihan. 

  1. Makanan pedas 

Kebanyakan orang seringkali menjadikan cabai sebagai teman mengonsumsi gorengan. Dua makanan ini sudah seharusnya dihindari karena sifat pedas pada cabai tersebut bisa mengiritasi lambung sekaligus sistem pencernaan kamu. Dalam kondisi yang parah, kamu dapat mengalami maag dan refluks asam atau heartburn

Baca Juga: Benarkah Makanan Lebaran Mengandung Kolesterol Tinggi?

  1. Makanan asin

Menjalankan puasa tandanya memperbesar kemungkinan kita mengalami dehidrasi karena kehilangan cairan yang dibutuhkan. Makanan asin yang kamu pilih saat berbuka kebanyakan mengandung kadar garam tinggi sehingga berpotensi memperburuk dehidrasi. Kenapa bisa begitu? Karena ginjal akan melakukan kerja yang lebih keras untuk mengeluarkan lebih banyak air, guna menghilangkan kelebihan garam yang ada dalam tubuh. 

  1. Makanan manis 

Menu berbuka puasa selalu identik dengan yang manis. Namun apa yang terjadi jika kamu selalu berbuka puasa dengan yang manis? Kamu akan mengalami peningkatan gula darah yang drastis sehingga dapat meningkatkan risiko diabetes.  Tidak hanya memicu terjadinya diabetes, mengonsumsi yang manis-manis bisa menyebabkan pembuluh darah kaku dan menyempit. 

  1. Makanan asam 

Selain makanan asin, pedas, dan manis, satu jenis makanan yang harus kamu hindari saat berbuka yaitu makanan atau minuman asam. Konsumsi makanan atau minuman asam wajib dihindari apalagi jika kamu juga mengidap masalah lambung atau maag. Mengonsumsi makanan asam saat perut masih kosong justru bisa meningkatkan asam lambung dan memperburuk kondisi kesehatan kamu. 

Lalu, apa yang sebaiknya dimakan saat berbuka puasa? 

Setelah menyimak apa saja makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa, pasti kamu bertanya-tanya, “Lalu, apa yang sebaiknya saya konsumsi saat berbuka?”

Simak beberapa asupan yang baik untuk dikonsumsi saat buka puasa berikut: 

  1. Berbuka dengan minum 1-2 gelas air putih untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat berpuasa 
  2. Jus buah atau smoothie yang alami, hindari pemanis buatan atau gula 
  3. Sup ayam yang menggunakan kaldu alami
  4. Tahu putih 
  5. Telur rebus 
  6. Kurma
  7. Alpukat 
  8. Yoghurt tanpa pemanis buatan 

Setelah mengawali buka puasa dengan pilihan-pilihan di atas, sesekali kamu boleh mengonsumsi makanan manis, asin, atau asam namun dengan takaran yang tidak berlebihan dan tidak setiap hari ya.

Baca Juga: Benarkah Puasa Memberikan Manfaat untuk Kesehatan?

Cek kesehatan di bulan puasa 

Jika kamu ingin memastikan kondisi kesehatanmu di bulan puasa ini, kamu bisa menggunakan layanan Medical Check Up di Bumame yang bisa diakses dari rumah dengan gratis biaya transportasi dan gratis konsultasi dengan dokter. Tersedia 90+ tes kesehatan dengan harga yang terjangkau. Hubungi customer care Bumame untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *