September 22, 2023

Fimela.com, Jakarta Kurma, salah satu buah yang identik dengan bulan Ramadan, menjadi keharusan untuk sebagian orang sebagai makanan pertama yang dikonsumsi saat berbuka puasa. Tradisi memakan kurma saat berbuka puasa adalah sunnah Rasul karena dilakukan sebagai penghormatan terhadap Nabi Muhammad SAW yang dikenal sering memakan kurma saat berbuka puasa.

Disamping makna yang religius dari buah kurma, ternyata buah yang tumbuh di negara tropis ini memiliki segudang khasiat dengan ukurannya yang mungil. Tak heran mengapa buah yang kulitnya berwarna coklat ini kerap dimakan saat sahur dan berbuka puasa, karena kurma memiliki kandungan gula alami yang dapat membantu memberikan energi sebelum ataupun sesudah berpuasa. Dikutip dari Healthline, secara ilmiah kurma dikenal sebagai Phoenix dactylifera, buah paling enak dan bergizi tinggi. Bisa menjadi alternatif lain ketika sedang menginginkan sesuatu  yang manis, sama-sama manis dengan permen namun khasiat nya yang jauh lebih baik. 

Selain rasanya yang manis, kurma juga memiliki nutrisi penting dan berbagai manfaat. Mengandung serat dan antioksidan yang tinggi, ini dapat memperbaik kesehatan otak karena terdapat choline dan vitamin B didalamnya, serta mencegah dari berbagai penyakit. Tak hanya itu, kandungan serat didalam kurma juga bermanfaat untuk mencegah perut sembelit dan mengontrol gula darah. Selain itu juga ada beberapa vitamin dan mineral penting di dalam sebuah kurma, seperti kalium dan magnesium.

Dengan semua kandungan dari kurma, hal ini yang menjadi alasan mengapa mengonsumsi beberapa butir kurma disarankan saat sahur ataupun berbuka puasa. Gula alami pada kurma, bisa memberikan energi yang akan bertahan lama untuk tubuh yang sedang berpuasa, serta buah ini memiliki mineral baik untuk sistem pencernaan. Namun perlu diketahui juga bahwa kalori pada sebutir kurma tidak kecil, perhatikan porsi takaran yang tepat. Jika merasa bosan hanya mengonsumsi buah kurma dengan bentuk apa adanya, dibawah ini sudah Fimela siapkan beberapa olahan dari kurma yang cocok untuk disantap ketika berbuka puasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *