September 21, 2023

Halo Sahabat Sehat! Siapa yang suka makan buah anggur?. Buah anggur merupakan salah satu jenis buah-buahan yang memiliki rasa yang khas dan juga banyak diolah jadi produk lain seperti selai. Apakah kamu tau, buah ini banyak sekali manfaatnya. Mulai dari untuk kesehatan, hingga kecantikan.

Apakah kamu tau, buah ini banyak sekali manfaatnya, loh. Dari mulai untuk kesehatan tubuh sampai untuk kecantikan. Lebih jelasnya, yuk simak info berikut!

manfaat bauh anggur
Foto: Freepk.com

Kandungan gizi buah anggur

Secara umum, buah anggur merah atau hijau sebanyak 1 cangkir atau 151 gram mengandung 104 kalori, 27 gram karbohidrat, 1 gram protein; 0,2 gram lemak; 1,4 gram tembaga yang setara dengan pemenuhan 21% kebutuhan harian per hari. 18% vitamin K, 9% vitamin B1, 8% vitamin B2, 8% vitamin B6, 6% kalium, 5% vitamin C dan 5% mangan dari total kebutuhan harian.

Mencegah Tumor

Dalam studi menunjukkan bahwa resveratrol yang terkandung dalam kulit anggur merah, memungkinkan dapat memperlambat atau mencegah pertumbuhan tumor di kelenjar getah bening, hati, lambung, payudara, usus besar, kanker kulit dan leukemia. Kandungan antioksidan dalam anggur juga memiliki sifat anti inflamasi.

Kesehatan jantung

Polifenol dalam anggur, seperti resveratrol, dianggap memiliki tindakan antioksidan, penurun lipid, dan antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Dengan mencegah penumpukan trombosit dan mengurangi tekanan darah serta risiko irama jantung yang tidak teratur.

Kesehatan kulit dan rambut

Kandungan antioksidan dalam buah anggur dapat memperlambat penuaan sebagai anti-aging. Dapat menjadi kulit agar tetap terhidrasi dan halus karena kandungan vitamin E. Selain itu, kandungan yang lain dapat mencegah jerawat dan meningkatkan aliran darah ke kulit kepala untuk rambut yang lebih sehat.

manfaat bauh anggur
Foto: Freepk.com

Sebuah penelitian di University of Barcelona dan CSIC (Spanish National Research Council), telah membuktikan hasil dari manfaat kandungan buah anggur yang dapat mengurangi jumlah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Hasil studi in vitro yang diterbitkan dalam jurnal Dermatology and Therapy mengklaim bahwa resveratrol dapat membantu mengobati jerawat, terutama jika digunakan dengan benzoil peroksida sebagai pengobatan topikal.

Jaga kesehatan mata

Anggur mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang dapat membantu menjaga kesehatan mata. Kandungan antioksidan ini dapat mengurangi stres oksidatif dan kerusakan retina, dan membantu mencegah katarak dan kondisi lainnya. Tes laboratorium menunjukkan bahwa resveratrol dapat melindungi dari berbagai masalah mata, termasuk degenerasi makula terkait usia, glaukoma, dan katarak.

Manfaat kesehatan lainnya

Manfaat buah anggur lainnya yaitu dapat menjaga keteraturan buang air besar, mengurangi risiko sembelit. Mengandung quercetin yang memiliki efek antiperadangan, membantu meringankan gejala alergi. Selain itu quercetin dalam anggur merah dan hitam dapat melindungi tubuh dari penyakit neurodegeneratif seperti alzheimer. Mengkonsumsi anggur dapat menurunkan risiko mengidap diabetes bersamaan dengan konsumsi buah lain, seperti blueberry, kismis, apel atau pir. Buah anggur juga dapat meningkatkan kualitas tidur karena berperan sebagai melatonin alami.

Begitu banyak kan manfaat dari anggur, Sahabat Sehat? Yuk, konsumsi buah anggur buat dapetin manfaatnya. 

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Neta Mustikasari

Mahasiswa ilmu dan Teknologi Pangan, Universitas Garut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *