September 27, 2023

Masih dalam pekan Idul Adha, pasti daging di rumah Sahabat Sehat masih ada dong. Biasanya, sebelum diolah daging dimarinasi terlebih dahulu. Tujuannya beragam, mulai dari segi tekstur, rasa, aroma, hingga keawetannya. Salah satu contoh, banyak orang memanfaatkan nanas sebagai bahan marinasi supaya daging lebih empuk. Nah, selain nanas ada juga loh buah-buah lain yang bisa kamu coba untuk marinasi si daging qurban. So, check it out!

marinasi daging
Foto: Pixabay.com

Nanas

Buah yang satu ini udah bestie banget deh dengan daging di hari raya qurban. Biasanya buah nanas di jus, dan kemudian digunakan untuk memarinasi daging sapi ataupun kambing. Kandungan enzim bromelin lah yang aktif bekerja pada saat marinasi berlangsung. Telah banyak pula penelitian yang mendukung bahwa nanas memang efektif mengempukkan daging. Menurut penelitian 20% nanas dari berat daging selama 1 jam atau 30% nanas selama 15 menit telah mampu mengempukkannya.

Pepaya

Nah, ada yang udah tau belum kalau papaya juga bisa digunakan untuk mengempukkan daging? FYI, getah yang ada di daun ataupun buah papaya muda mengandung enzim papain. Nah enzim yang tergolong proteolitik ini, akan memecah protein dari serabut otot daging sehingga daging menjadi empuk. Sama dengan nanas, kamu bisa memarut atau menghaluskan buah papaya muda lalu gunakanlah untuk merendam daging. Namun, ketika kamu memilih menggunakan papaya, kamu perlu menggunakannya lebih banyak daripada ketika kamu memakai nanas. Berdasarkan penelitian, penggunaan jumlah dan waktu yang sama antara papaya dan nanas dalam memarinasi, hasil daging yang dimarinasi oleh papaya masih belum empuk.

Buah Pinang

Buah pinang merupakan salah satu bahan pengawet alami karena kandungan taninnya. Daging sapi yang direndam dalam jus pinang dengan jumlah 50-70% dari jumlah daging menghasilkan daging dengan warna merah, aroma khas daging dengan sedikit aroma pinang, tekstur sedang, dan susut masak yang normal. Susut masak ini berhubungan dengan hilangnya zat gizi ketika proses pemasakan. Semakin rendah, semakin mengurangi kehilangan zat gizi dalam proses pemasakan.

jambu monyet
Foto: Pixabay.com

Buah semu jambu monyet

Jambu mete atau jambu monyet memiliki 2 buah yaitu buah sejati dan semu. Buah sejati adalah bagian yang diolah menjadi kacang mete. Sedangkan buah semu, adalah bagian buah yang lunak, berasa asam segar dan sedikit sepat. Nah, bagian buah semu ini dapat digunakan untuk marinasi dan menghambat pertumbuhan bakteri loh! Dalam jurnal Ilmiah Sains, disampaikan bahwa subtitusi saus tomat sebanyak 5% dengan buah semu jambu monyet pada bumbu steak paling banyak disukai dari segi tektur dan rasa.

Andaliman

Buah andaliman merupakan bahan herbal yang mengandung senyawa antioksidan dan  antibakteri tinggi, sehingga berpotensi mencegah oksidasi serta kontaminasi bakteri bahan  pangan seperti daging. Marinasi daging ayam dengan 10% jus andaliman paling efektif meningkatkan kemampuan antioksidan dan marinasi dengan 20% jus andaliman mampu  mencegah kontaminasi Salmonella daging ayam.

Nah, itulah beberapa buah yang dapat digunakan dalam marinasi daging. Setiap bahan yang digunakan dalam proses marinasi mempunyai tujuan yang berbeda-beda. Kalau Sahabat Sehat penasaran, yuk cobain marinasi daging kamu dengan buah-buah ini. Jangan lupa perhatikan komposisinya, supaya ngga mengubah rasa asli daging. Selamat mencoba!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Wahyuni D. 2018. Perbandingan efektivitas teh hitam, nanas, dan papaya sebagai bahan marinasi tehadap kualitas daing sapi. Jurnal Peternakan Sriwijaya. 7(1): 1-5. DOI: https://doi.org/10.33230/JPS.7.1.2018.6997

Isyqzamiyah S, Aka R, Tasse M. 2017. Mutu daging sapi Bali yang dimarinasi dalam jus buah pinang dengan konsentrasi yang berbeda. JITRO. 4(2): 19-24. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/

Susanti S, Bintoro VP, Hintono A, Zuniati N, Arifan F. 2020. Optimasi subtitusi saus tomat dengan ekstrak buah semua jambu money pada formulasi bumbu marinasi steak. Jurnal Ilmiah Sains. 20(2): 134-140. DOI: https://doi.org/10.35799/jis.20.2.2020.30261

Sinaga K, Asmaq N. 2023. Pengayaan kandungan antioksidan daging ayam melalui marinasi dengan jus buah andaliman (Zanthoxylum acanthopodium). Journal of Pharmaceutical and Sciences. 6(2): 365-369. DOI: https://doi.org/10.36490/journal-jps.com.v6i2.108

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *