September 22, 2023

Teh hijau telah dikenal luas karena manfaat kesehatannya, terutama dalam menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat). Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung senyawa antioksidan yang disebut polifenol yang dapat membantu menghambat oksidasi kolesterol LDL.

Dilansir dari Healthline, polifenol dalam teh hijau memiliki kemampuan untuk menghambat penyerapan kolesterol di saluran pencernaan dan meningkatkan metabolisme lemak di hati. Dalam hal ini, minum secangkir teh hijau setelah makan daging dapat memberikan manfaat kesehatan tambahan dengan membantu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga keseimbangan lipid dalam tubuh.

Selain itu, polifenol dalam teh hijau juga dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mengurangi peradangan dalam arteri. Ini berarti teh hijau dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan mencegah pembentukan plak yang dapat menyumbat aliran darah.

Penting untuk diingat bahwa efek teh hijau terhadap kadar kolesterol dapat bervariasi pada setiap individu, dan konsumsi teh hijau sebaiknya menjadi bagian dari pola makan yang seimbang dan gaya hidup sehat secara keseluruhan. Disarankan untuk memilih teh hijau yang berkualitas dan segar, serta menghindari menambahkan gula atau pemanis tambahan untuk memaksimalkan manfaat kesehatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *